Ani adalah pertama saya dan untuk post pertama ini saya akan menjelaskan tutorial untuk menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft Excel ... CEKIDOT !!🔻🔻🔻
Misalkan nih, kita disuruh membuat tabel daftar gaji untuk beberapa pegawai dengan golongan tertentu. misalnya seperti berikut :
Nah, kita dapat menggunakan fungsi dari VLOOKUP atau HLOOKUP ini. Langsung saja, jadi pertama itu kita ketik rumusnya "=VLOOKUP(syntax)
1. Syntax pertama lookup_value
Saya akan jelasin terlebih dahulu syntax nya agar lebih paham. Syntax lookup_value digunakan untuk menjadikan suatu range cell menjadi value yang kita inginkan atau lebih simple nya kita jadikan sebagai patokan kita dalam mencari value didalam tabel nya nanti.Sebagai contoh, kita ambil lookup_value nya pada range cell D6 , karena kita akan mencari nilai gaji pada tabel keseluruhannya. Nilai acuan atau lookup_value harus terdapat pada table_array. Oleh karena itu kita ambil range cell D6 yaitu kolom golongan yang membedakan besarnya jumlah gaji pokok.
2. Syntax kedua yaitu table_array
Selanjutnya table_array, sedikit dijelaskan sebelumnya, lookup_value dan table_array harus mempunyai kesamaan agar dapat dijadikan acuan. Untuk itu, kita ambil range cell untuk table_array nya yaitu B34:E50. Mungkin terdapat pertanyaan mengapa baris/row 33 tidak kita masukkan kedalam table_array nya tadi. Hal itu dimaksudkan agar hanya nilai nya saja yang akan terambil, bukan nama tabel nya yang terambil.
Oh iya, untuk penulisan rumus lookup_value dan table_array, kita harus meng-lock/absolutkan range nya tadi dengan cara menekan tombol fungsi F4. Agar nilai nya tidak ikut tertarik saat kita menarik rumus kebawah untuk mempersingkat waktu.
3. Syntax ketiga yaitu col_index_num
Lalu ada col_index_number, itu menyatakan column mana yang akan kita ambil pada table_array nya. sebagai gambaran dibawah ini.
Tinggal ketik kolom berapa yang kita ingin datanya tampil pada kolom yang kita tulis rumus VLOOKUP.
4. Syntax ketiga adalah [range_lookup]
Lalu ada range_lookup, hanya ada dua opsi dalam pengisian range_lookup ini, yaitu TRUE atau FALSE. Jika kita menuliskan TRUE maka lookup_value yang kita cari akan mencari nilai yang mendekati ataupun sama dengan lookup_value nya pada table_array. Sedangkan untuk FALSE, kita akan mencari lookup_value yang nilainya benar benar sama dengan yang ada pada table_array.
Setelah semua syntax terisi, tekan Enter dan walaaaa !!, anda berhasil menggunakan rumus VLOOKUP.
untuk rumus HLOOKUP sama saja intinya hanya berbeda pada posisi index_num, kalau padal VLOOKUP melihat secara vertikal, pada fungsi HLOOKUP melihat indexnya pada posisi Horizontal.
Ya itu tadi penjelasan tentang cara memakai fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP pada Microsoft Excell. semoga teman2 dapat terbantu dengan postingan kali ini. Jangan lupa COMMENT and SHARE yaaa
Sumber FILE :
Sumber FILE :
Wassalamualaikum WR.WB :)))
0 komentar:
Posting Komentar