Selasa, 28 Maret 2017

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI-FUNGSI DASAR PADA MICROSOFT EXCELL

Assalamualaikum WR WB

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara menggunakan fungsi-fungsi dasar yang ada pada Microsoft Excell.

Langsung saja kita mulai yaa... CEKIDOT !!!

Pertama-tama yang paling mendasar tentang fungsi pada Microsoft Excell adalah untuk memulai menggunakan fungsi, kita harus mengetik tanda sama dengan "=" lalu dilanjutkan dengan rumus matematika atau fungsi yang telah disediakan MS Excell.

1. Rumus Dasar Matematika

Penjumlahan mengunakan +
Pengurangan mengunakan -
Perkalian menggunakan *

Pembagian menggunakan /

Hasil dari rumus tersebut ada pada kolom F3 yaitu 2

2. Menggunakan Fungsi pada MS Excell



=SUM(    >> Untuk menjumlahkan data
=MAX(   >> Untuk mencari data terbesar
=MIN(     >> Untuk mencari data terkecil
=AVERAGE(   >> Untuk mencari rata-rata data
= COUNT(    >> Untuk menghitung jumlah banyak data


berikut ini adalah contohnya


3. Membuat Absensi menggunakan fungsi =count

  • Untuk mengisi Jumlah Hadir kita dapat menggunakan rumus =COUNTIF(range,criteria), rumus ini digunakan untuk menghitung data dengan kriteria tertentu
  • Untuk persentase kehadiran kita menggunakan rumus jumlah kehadiran dibagi dengan jumlah keseluruhan kehadiran dikali dengan 100%, =I8/6*100%. Kita juga bisa menggunakan rumus =I8/Counta(C8;H8)
  • Untuk uang honor kita menggunakan rumus jumlah kehadiran dikali dengan honor harian, =I8*$D$5. Pada fungsi ini kita menggunakan absolut dengan menekan f4 agar cell yang kita kalikan tidak berubah.

4. Membuat jumlah suatu jenis tertentu dengan fungsi =sumif

Untuk contoh berikutnya kita menggunakan rumus SUMIF, rumus ini digunakan untuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu. Pada contoh di atas kita menggunakan rumus SUMIF untuk mengisikan sel Jumlah temuan unutk jenis speaker dan yang lainnya


5. Menggunakan fungsi And, Or, Nor, Not untuk membuat suatu logika

Selanjutnya kita akan menggunakan formula AND, OR, dan NOT
  • formula AND akan menyatakan nilai benar jika suatu data memenuhi semua syarat. Kita bisa lihat pada contoh di atas, untuk mengisi "F. And" kita menggunakan formula AND
  • formula OR akan menyatakan nialai benar jika suatu data memenuhi salah satu syarat. Pada contoh kita menggunakan Formula OR untuk mengisi "F. Or"
  • formula NOT akan menampilkan kebalikan dari sel yang kita pilih. Kita menggunakan formula NOT untuk mengisi "F. Not" pada contoh


Nah itu tadi tentang Fungsi-Fungsi dasar yang ada pada Microsoft Excell, masih banyak lagi fungsi-fungsi yang tentunya tidak dapat saya jabarkan untuk sekarang. Jadi STAY TUNED di blog ini ya agar nambah ilmunya hehe...

SUMBER FILE : Download Disini

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ^^

Wassalamualaikum WR WB

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Jumlah Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter

Jam berapa ?

Welcome

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

Blog ini berisi tugas selama saya kuliah dan sharing saya tentang hobi traveling saya. Selamat menikmati ^^

Blogger templates