Kali ini saya akan berbagi tentang menggunakan "PIVOT TABLE" apa itu Pivot Table, bagi agan yang belum tau, berikut penjelasanya
Pivot Table merupakan sebuah tools yang disediakan MS Excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk tabel-tabel. Fungsi pivot table ialah agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data. Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Sebelum kita memulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
- · Data Anda harus diatur dalam format bertabel, dan tidak memiliki satu pun baris atau kolom kosong. Idealnya, Anda dapat menggunakan tabel Excel.
- · Tabel merupakan sumber data Pivot Table yang hebat, karena baris yang ditambahkan ke tabel secara otomatis disertakan dalam Pivot Table saat Anda merefresh data, dan setiap kolom baru akan disertakan dalam Daftar Bidang Pivot Table. Jika tidak, Anda perlu untuk baik memperbarui rentang sumber data secara manual, maupun menggunakan rumus rentang bernama dinamis.
- · Tipe data dalam kolom harus sama. Misalnya, Anda tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang sama.
- · Pivot Table berfungsi pada jepretan layar data, yang disebut dengan cache, sehingga data aktual Anda tidak diubah dengan cara apa pun.
Nah kalo sudah baca bebarapa catatan diatas, langsung saja kita masuk ke tutorialnya :
1. Membuat data dalam bentuk tabel.
Nah ini saya contohkan dalam bentuk yang kompleks dan banyak menggunakan variabel agar dapat digunakan fungsi filter.
2. Membuat Pivot Table dari data yang ada
Kita bisa langsung saja blog semua Tabel data tadi dari pojok kiri sama kanan bawah, sehingga semua data tercakup didalamnya.
Lalu menuju menu Insert > Pivot Table
Maka akan tampil seperti berikut
Lalu kita pilih, dimana akan meletakan pivot table kita, apakah pada sheet sekarang, atau pada sheet baru.
Setelah itu tekan OK dan akan muncul panel pivot tabel seperti berikut :
3. Memilih Variabel untuk ditampilkan pada Pivot Table
pada Pivot Table Field yang ada disamping kiri, kita dapat melihat beberapa variabel yang tersedia, seperti nama, jenis kelamin, asal sekolah dll.
nah kita dapat memilih variabel mana saja yang akan ditampilkan pada Pivot Table kita dengan mengklik kotak disebelah tulisan variabel dan akan tercentang tanda Cheklist.
setelah dicentang, maka akan otomatis tampil pada Pivot Table.
4. Menggunakan Filter pada Pivot Tabel
Nah, fitur Filter ini sangat berguna pada Pivot Tabel ini, kita dapat melakukan analisis secara otomatis tanpa perlu menggunakan fungsi atau secara manual.
maksudnya Filter adalah mengelompokan data berdasarkan variabel yang ada pada data sebelum membuat pivot table (pada tabel data).
cara menggunakanya sedikit rumit, langsung saja akan saya jelaskan
- drag variabel yang anda inginkan untuk diFilter pada PivotTable Field.
lalu akan muncul pada bagian atas pivot table, seperti gambar diatas.
- Pilih variabel yang ingin ditampilkan, atau yang ingin di filter.
misalnya saya ingin mengetahui "Nilai siswa Laki-laki yang Lulus tahun 2016 berjurusan IPA"
maka filternya adalah [Jenis kelamin > laki-laki] [Tahun Lulus > 2016] [Jurusan > IPA]
Ya, jadi seperti itulah menggunakan Filter pada Pivot Table.
Dari fungsi Filter ini akan memudahkan kita ketika ingin mencari data dari Variable tertentu. tidak perlu lagi mencari secara manual yang akan memakan waktu yang lama.
Demikian Cara membuat Pivot Table di Microsoft Excell.
semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca
SUMBER FILE :
Sekian dari saya
Wassalamualaikum WR WB
Daiwa Nickel-Inched Double Edge Razor - ITBIRATIC-ART
BalasHapusThis titanium engagement rings for her is the new design babylisspro nano titanium of this razor. titanium lug nuts The blade angle is titanium white octane blueprint approximately 30mm; this is a true Daiwa Nickel-Inched Double Edge Razor that uses a brass plated $44.99 titanium mens ring · In stock